[LINK] Software Alternatif

Halo, pa kabar semuanya? Posting dikit, ah. ;p

Btw, btw, sudah dua hari ini, saya resmi berlepas diri dari MS Office yang populer itu. Hm, keadaan juga yang memaksa. Maklum, laptop habis diserang virus dan terpaksa instal ulang. Instal ulang b****** juga ternyata tidak bisa diregister (tidak diridhoi nih tampaknya🙂 ). Alhasil, saya segera mencari software alternatif, yaitu Open Office.

But, the big question is… berlepas diri dari yang (mestinya) berbayar, bisakah?

Jadi, tepat pada hari Minggu kemarin, masa percobaan (alias trial) MS Office saya berakhir. Saya pun mengasosiasikan file .doc (x) dan .xls (x) saya dengan OpenOffice. Yah, ternyata memang sedikit susah-susah gampang membiasakan diri dengan software alternatif. Walaupun UI-nya mirip, tetap saja ada yang berbeda. Yah, mengingat kocek terbatas untuk memenuhi semua keinginan, sy tetap bersyukur karena masih bisa mengolah data yang ada dengan baik.

Lalu hari ini saya tersadar, setelah sy meng-uninstall MS Office, dengan resmi, saya tidak lagi menggunakan software berbayar (atau mestinya berbayar, hehehe) di laptop saya. Semuanya freeware dan software bawaan pabrikan laptop (driver, dll yang dibundling resmi).

Berikut adalah tiga freeware utama yang saya install di laptop, paling sering maupun akan sering digunakan, dan sejauh ini tidak bermasalah. Tak lupa saya sertakan juga padanan software berbayarnya yang sering kita dengar.

1. OpenOffice – alternatif dari MS Office

2. GIMPShop – alternatif dari Adobe Photoshop

3. Peazip – alternatif dari WinZip dan WinRAR

Sebenarnya masih banyak freeware lain yang terinstall di laptop. Namun, karena saya belum tahu padanan software berbayarnya (yang banyak orang pakai), jadi saya tampilin yang di atas saja dulu, deh. ^^

“Jadi, berlepas diri dari software berbayar, bisakah?”

Bisa, kalau kata saya.

Hanya saja, mungkin tidak untuk semua software. Contohnya, yang paling saya inginkan adalah software alternatif dari AutoCAD atau minimal dapat mengolah file .dwg dengan mudah. Susah banget mencari yang UI-nya tidak beda jauh. Ada tidak, ya?

Ada yang mau nge-share pengalaman berpindah ke freeware yang sebagus (atau malah lebih bagus) daripada software berbayar yang populer digunakan? Silahkan berbagi di sini, ya. Douzo.🙂

NB:

Post ini bakal jadi list referensi dan update-an software lain yang menurut saya praktis, aplikatif, representatif dan pastinya bukan iklan (hayyah!).

4 thoughts on “[LINK] Software Alternatif

  1. hai! software gratis yg mirip AutoCAD ada kok. aku aja baru tau. ada FreeCAD, jg ada NanoCAD (tp klw NanoCAD musti register). cek aja di google. hanya sekedar info saja ya…🙂

Your Comment Will Make My Day :)

